Cita Rasa "JailbreakMe"


Dikalangan atau komunitas pecinta gadget dan terkhusus Apple Freak istilah Jailbreak tidak asing lagi. Hal ini merupakan salah satu daya tarik dan "candu" bagi pengguna device Apple yang ber-system operation iPhone atau baru-baru ini diberi nama iOS. Penyebabnya karena struktur file sistemnya yang ditutup sehingga akses satu-satunya untuk menyesuaikan selera konten pada iPhone sangat tergantung pada satu titik perpustakaan yakni iTunes dan App Store.

Tools terbaru yang dirilis oleh Dev Team (Hackers) akhir-akhir ini selain mengejutkan juga sedikit mengurangi gebrakan kenikmatan nge-rooting di ios. Tehnik hack pada JailbreakMe sangat-sangat simpel dan independen. Cukup memasukkan alamat jailbreakme.com ke safari iPhone/iTouch/iPad klik Go, geser "slide To jailbreak" dan silahkan tunggu hasilnya, itu saja. Selain tanpa bantuan sebuah software yang dijalankan pada sebuah komputer juga menyelamatkan tombol-tombol pada iphone yang tersiksa dengan tehnik-tehnik DFU saat jailbreak.

Namun selain kejutan kemudahan jailbreak, ternyata tehnik JailbreakbMe ini juga menyampaikan pesan bahwa Tingkat kerentangan Serangan Keamanan pada iOS sebenarnya jauh lebih "terbuka". Bayangkan saja hanya mengunjungi sebuah alamat situs di Safari iPhone dan sedikit progress link dalam beberapa menit iPhone anda telah di Jailbreak (Hack). Walaupun ini dapat segera di siasati setelah jailbreak dengan mengganti password root/system iPhone.

Teknologi ios bagi saya memang tiada tandingannya. Walaupun sisi mengisolasisasi oleh Apple sebenarnya untuk kepuasan si pengguna itu sendiri dalam kestabilan dan keamanan kinerja ios. Dunia jailbreak anggaplah sisi lain dari ios atau underground inovation. Bagi Apple baiknya Dev Team (hackers) ini masuk dalam devisi instropeksi ios yang tidak termasuk dalam sturktur organisasi tapi turut andil dalam perkembangan ios walau hidup secara swadaya.