Cara Efisien Ber-internet

Di jaringan Internet apapun informasi yang dicari kemungkinan besar pasti akan ditemukan. Tapi mencari satu yang sangat diperlukan mungkin bisa dianggap tantangan. Berikut ini ada beberapa tips untuk menelusuri jaringan Internet dengan lebih efektif.

Gunakan Instant Search Box
Pada tampilan Internet Explorer tekan tombol CTRL+E untuk membuka search box secara langsung. Pada boks pencarian ketik kata kunci atau sepenggal kalimat lalu tekan tombol ENTER (atau tekan tombol ALT+ENTER untuk menampilkan hasil pada layar baru).

Efisien Menggunakan Address Bar
Pada boks pencarian alamat situs Internet Explorer ketik Find, Go, atau ? diikuti kata kunci, alamat situs, atau penggalan kalimat lalu tekan ENTER. Jika ingin hasil pencarian ditampilkan pada layar baru tekan ALT+ENTER.

Cara Penelusuran Yang Efisien
Berikut ini beberapa cara untuk memaksimalkan hasil penelusuran di jaringan Internet. Setelah mengetik Find, Go, atau ? pada boks pencarian:
  • Ketik informasi yang dicari dengan kata-kata yang spesifik serta hindari penggunaan kata-kata yang umum. Contohnya, untuk mencari informasi tentang anjing arahkan pencarian pada jenis anjing yang spesifik.
  • Gunakan tanda baca untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik. Tanda baca membatasi hasil pencarian hanya pada halaman situs yang memiliki informasi sesuai dengan kata kunci yang diketikkan. Tanpa tanda baca hasil pencarian akan menampilkan semua halaman situs yang mengandung kata kunci dengan tidak mempertimbangkan informasi seperti apa yang dibutuhkan.
  • Gunakan tanda baca minus (-) sebelum mengetikkan kata kunci untuk memberitahukan browser agar tidak mencari halaman situs yang memperlakukan kata kunci hanya sebagai istilah saja. Tapi akan mencari informasi yang spesifik dari kata kunci tersebut. Untuk penggunaannya jangan memakai spasi (contoh, -broadband bukan - broadband).
  • Jangan gunakan kata-kata imbuhan seperti ‘a’ atau ‘the’ kecuali untuk pencarian yang khusus. Jika yang dicari adalah judul lagu maka gunakan kata imbuhannya dilengkapi dengan pemakaian tanda baca.
  • Gunakan sinonim atau istilah alternatif untuk penelusuran. Gunakan kreativitas atau manfaatkan fitur thesaurus untuk menemukannya. Ketik Thesaurus pada boks pencarian untuk menampilkan Thesaurus online.
  • Cari pada halaman situs tertentu. Ketik kata kunci informasi yang ingin dicari lalu ketik site: diikuti dengan alamat sebuah situs untuk menyempitkan pencarian halaman situs yang diinginkan. Sebagai contoh, ketik virus site:www.microsoft.com (tanpa spasi pada site: dan domain) jika ingin mencari informasi tentang virus pada situs Microsoft.
  • Gunakan search engine yang khusus. Misal gunakan MSN Image untuk mencari gambar atau foto. Banyak situs untuk pencarian khusus, mulai dari situs berbelanja sampai hobi. Gunakan Internet Explorer untuk mencari search engine yang khusus seperti ini lalu masukkan ke dalam daftar situs favorit.
Pilih dua search engine dan pelajari cara kerjanya
Kesulitan untuk menemukan informasi spesifik adalah masalah paling besar di internet. Meskipun ada belasan seach engine tersedia, cukup pilih salah duanya. Lantas, habiskan sedikit waktu untuk mempelajarinya dengan benar. Silakan cari yang paling cocok buat Anda. Tapi, sekadar memberi saran, silakan coba Google dan Yahoo.

Pilih home page Anda sendiri
Saat mulai browsing, Anda akan langsung menemukan satu halaman yang biasa disebut home page. Kabar baiknya, halaman ini bisa diganti-ganti. Jadi, pilihlah home page yang pas dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Buka window baru atau gunakan tab browsing
Jika Anda sedang men-download satu situs, Anda bisa meng-akses situs lain dengan membuka window baru. Atau, gunakan tab browser. Caranya, adalah membuka tab baru, dan mulai mem-browse situs baru di sana. Tapi, jangan buka terlalu banyak jendela. Karena bisa memperlambat kinerja browser.

Coba surfing di waktu yang kurang sibuk
Biasanya, agak sulit mem-browse di jam sibuk. So, cobalah untuk tidak nge-browse di jam sibuk. Pilihlah jam lenggang biar kita bisa lebih leluasa membuka situs yang kita inginkan.

Kalau Anda mengalami masalah koneksi, buka situs dengan format text only
Ini bisa dilakukan kalau koneksi kita bermasalah. Coba buka situs yang anda inginkan dalam format teks. Dijamin, bisa lebih cepat.