Jam "Gadang" Manipi


Pasti anda yang pernah lewat, datang, atau berdomisilih di Manipi kenal gambar diatas. Yappp! Tepatnya dipersimpangan Tiga pusat titik pemerintahan Manipi, yakni diantara jalan Poros Malino-Tombolo-Sinjai, Poros Malino-Bolaromang-Sinjai, dan Jalan Ke Pasanggrahan (dekat Taman SegiTiga Pinus). Dari informasi tetangga rumah, ini dibuat oleh Mahasiswa UMI yang ber-KKN di Manipi sekitar tahun 1986 (info terka-terka "tetangga"). Itung-itung sampai sekarang uda sktar 12 tahunan yah?! Tapi dari sosok fisik bangunannya keliatannya lebih dari itu. Dari pengelupasan beberapa catnya yang saya liat, mungkin hanya beberapa kali diusapkan Cat, yah mungkin gak lebih jumlah jari satu tangan lah. Padahal posisi Jam ini Strategis dipandangan mata saat melintas (walaupun sering ketabrak/kesegol sm pengendara.......salah Siapa?!). Dari segi perhatian Pemerintah Lokal (perspektif Aset) masih kurang. Saya liat dalam 2 tahun ini, salah satu momentnya pada peringatan kemerdekaan RI setiap bulan agustus nggak ada aktifitas pengecatan (Lupa dianggarkan mungkin).

Nahh, ini-nih yang dicari-cari...JAMnya ituloh! Kemana........?? Padalah sebutannya oleh orang-orang TUGU JAM. Lagi-lagi, Info para tetangge....kebanyakan bilang, bahwa awalnya Jam diambil untuk diperbaiki tp lama kelamaan uda lupa tuh dipasang. dan sampai sekarang yah dibiarin aja Tugu keliatan "BUTA".

Segelintir orang mungkin punya kenangan pada TUGU JAM, tapi upaya-upaya untuk meng-UPdate-nya lagi bukan tidak ada tapi hanya se CUIL. Ini berarti dibutuhkan ada yang meng-starter-lah hati-hati orang yang se CUIL ini. sehingga minimal ada gerakan / perhatian pada TUGU JAM.

Gambaran sedikit mengenai ke-SaksianBisunya Tugu Jam sekarang-sekarang ini, yah kebanyakan dijadikan tempat nongkrongnya anak-anak muda sambil main gitar dan mencari sudut pandang terbaik dari ketiga arah Jalan tersebut, yah Tak lainlah kalo bukan "Yang Indah-Indah".

Itulah sedikit cerita dari Buttana Manipi. Bagi teman-teman yang lebih kenal tentang "TUGU JAM" silahkan tambahkan karangan saya ini. Insya Allah siapa tau dari inisiatif postingan ini, besok-besok jadinya uda ada yang mau nyumbang CATnya klo bisa sih Sekalian JAMnya. Tp, aku bukan bagian pemerintah setempat jd klo sempat ada hasrat yah konfirmasilah kepada yang lebih Getol di Manipi, siapa lagi klo bukan Pemerintah Setempat. Thanks.

Wassalam. Kesempurnaan hanya milik Allah......